Jumat, 05 Februari 2016

PEMUTAHIRAN DAN PENGUMPULAN DATA EMIS SEMESTER GENAP TP 2015/2016 BERBASIS EXCEL DAN DESKTOP

PENGUMUMAN
Kepada Yth,
Kepala RA/MI/MTs/MA Negeri/ Swasta
Di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Garut

Assalamualaikum .wr.wb.
Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tanggal 28 Januari2016 Tentang Pengantar Pemutahiran Data EMIS Semester Ganjil TP 2015/2016, dan sudah diluncurkannya Aplikasi EMIS Desktop Untuk itu agar melakukan hal berikut :
1.    Segera melakukan Edit Data EMIS berbasis Ms. Excel Semester Genap TP 2015/2016;
2.    Pastikan data yang tercantum pada EMIS Valid (Sesuai dengan data sesungguhnya) TIDAK ADA kolom data yang kosong TIDAK DIPERKENANKAN mengisi data jika tidak ada datanya dengan menuliskan – (strip) atau 000000 ;
3.    Data EMIS yang di buat adalah Data Lembaga, Data Personil, Data Siswa, dan Lulusan dalam format Excel (Format tidak ada perubahan / sama dengan semester ganjil terlampir);
4.    Pada nama lembaga RA/Madrasah tidak perlu diawali dengan singkatan RA, MI, MTs, atau MA Cukup menuliskan nama Lembaga saja Contoh : Miftahul Islamiyah
5.    Daftar Lembaga RA Madrasah Hasil Verval On Line 2015 Jika masih ada titik koordinat yang salah mohon di isi pada format lembaga dan di perbaiki ketika On line karena wajib benar;
6.    Penggunaan huruf KAPITAL hanya pada huruf awal setiap kalimat Contoh : Nurul Huda
7.    Penulisan alamat cukup sampai RT dan RW tidak perlu menuliskan Desa, Kecamatan, Kabupaten karena ada pada kolom yang lain contoh : Kp. Cigentur RT.03 RW.04
8.    Data Profil Lembaga harus diisi lengkap dan sama dengan yang di input di Aplikasi Dekstop, terutama jumlah siswa tidak diperkenankan ada yang berbeda. Pengisian Sarana Prasarana Pendukung BUKAN di ceklish tetapi diisi JUMLAH sesuai dengan asli dilapangan, kolom Jumlah rombel isi dengan benar sesuai di lapangan. Nomor Telpon / HP WAJIB DIISI dengan Nomor Yang AKTIF (Kepala/Operator) dan BUKAN milik orang lain;
9.    Tidak diperkenankan melakukan markup data atau data double dengan Madrasah Lain (Jika ada siswa pindahan (apabila pindah masuk ke RA/Madrasah harus diyakinkan dahulu di RA/Madrasah Sebelumnya sudah di Hapus data siswa Pindah tersebut atau apabila pindah keluar harus langsung di hapus)
10.    Untuk RA/Madrasah yang melakukan kecurangan dalam hal data maka otomatis system mengunci akun emis sdm nya dan tidak akan bisa upload EMIS pada semester Genap ini.
11.    Jika Data di Copy dari data EMIS semester Ganjil dalam hal Vaste nya menggunakan Vaste Values.
12.    Terkait dengan data Penerima BSM dan Data Pendukungnya (Nomor KPS, Nomor PKH, Nomor KK, NIK dan lain-lain) mohon dengan sangat untuk dipastikan akurasinya jangan asal isi, karena hasil matching ini akan digunakan sebagai dasar penerbitan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan pendataan lain yang dilakukan oleh Kementerian agama dan Kementerian Pendidikan Nasional dll;
13.    Data Guru wajib diisi dengan benar sesuai dengan data nyang dimiliki oleh guru tersebut seperti : Sertifikasi, SK Inpassing, NRG, Penerimaan Tunjangan Fungsional, Penerimaan Tunjangan Profesi dll jika tidak sesuai resiko kesalahan ditanggung masing-masing
14.    File Ms. Excel (lembaga, Personal, Siswa, dan Lulusan) terbaru yang sudah sukses di upload ke aplikasi EMIS Desktop di buat dalam satu folder dengan format folder NSM Nama Lembaga Kecamatan contoh : 131232050054 MA Nurul Islam Pasirwangi Ms. Excel
15.    File hasil backup aplikasi desktop (sebanyak 4 file) yang ada di folder Backup di buat dalam satu folder dengan format folder NSM Nama Lembaga Kecamatan contoh : 131232050054 MA Nurul Islam Pasirwangi backup
16.    File mYData yang ada di folder Database di buat dalam satu folder dengan format folder NSM Nama Lembaga Kecamatan contoh : 131232050054 MA Nurul Islam Pasirwangi mYData
Nomor 1, 2, dan 3 dimasukkan dalam satu folder dengan format folder NSM Nama Lembaga Kecamatan contoh : 131232050054 MA Nurul Islam Pasirwangi (sebaiknya di rar/zip)
17.    Print out Ms. Excel (Lembaga, Personal, Siswa, dan Lulusan) terbaru yang sudah sukses di upload ke aplikasi EMIS Desktop dan wajib datanya sama dengan yang di entri ke aplikasi EMIS Desktop terutama file lembaga (karena terkadang file lembaga tidak lengkap / kosong) Cover untuk Jenjang RA warna Pink, MI warna Hijau, MTs warna Biru, dan MA warna Kuning. Untuk jenjang RA di kumpulkan di PC Igra, dan untuk madrasah di kumpulkan di KKM Masing-masing.
18.    Pengumpulan EMIS berbasis Ms. Excel dan Aplikasi EMIS Desktop Jenjang RA, MI, MTs dan MA dikirimkan paling lambat Hari Rabu, 17 Pebruari 2016 melalui email :
a.    Jenjang RA dikirim ke PC Igra, dari PC Igra ke PD Igra dan ke email emisra_kabgarut@yahoo.com
b.    Jenjang MI dikirim ke KKM dan email emismi_kabgarut@yahoo.com
c.    Jenjang MTs dikirim ke KKM dan email emismts_kabgarut@yahoo.com
d.    Jenjang MA di kirim ke KKM dan emisma_kabgarut@yahoo.com
19.    Jadwal Upload EMIS Online Kabupaten Garut 24 sd. 28 Pebruari 2016
20.    Format Rekapitulasi Siswa, PTK dan Sarana Prasarana (dikirimkan juga ke Operator PC Igra dan Operator KKM untuk direkap)
21.    Aplikasi EMIS Excel dan Desktop RA serta Patchnya (khusus yang memiliki siswa di atas 7 Tahun)
22.    Aplikasi EMIS Excel dan Desktop MI ter baru serta Patchnya
23.    Aplikasi EMIS Excel dan Desktop MTs
24.    Aplikasi EMIS Excel dan Desktop MA

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb

Seksi Penmad Kabupaten Garut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar